Ramadhan is OTW


            Assalamu’alaikum kawan-kawan. Gimana kabar lo hari ini? Semoga dalam keadaan yang sehat wal afiat dan selalu dilindungi Allah SWT ya. Hari ini hari Jum’at lho. Jangan lupa ya mengamalkan sunah-sunah seperti memperbanyak shalawat, membaca Surah Al Kahfi, memperbanyak doa, dan banyak-banyak sedekah.
            Adapun amalan Jum’at bagi laki-laki yaitu mandi, bersiwak, memakai wangi-wangian, memakai pakaian terbaik, berangkat memnghadiri sholat Jum’at lebih awal, shalat sunah ketika sampai di masjid, dan menyimak khatib berkutbah. Gimana? Susah nggak? Harusnya enggak dong kalo lo udah niat. Toh, nanti dapat pahala yang besar dari Allah.
            Gue akan bahas tentang Ramadhan. Yeah, Ramadhan akan tiba. Who’s excited? Jangan sampai menyia-nyiakan bulan yang penuh dengan kerahmatan Allah. Bahkan di bulan suci itu ada suatu malam yang spesial. Yap, malam Lailatul Qodar yaitu malam turunnya Al Qur’an. Mari berlomba-lomba untuk menggapai hidayah-Nya.
            Ada pun amalan-amalan yang bisa kita persiapkan mulai dari sekarang guys. Mulai hal-hal yang kecil dulu. Kita sebagai umat Muslim udah tau kan kalo sholat wajib lima waktu adalah tiang agama. Nah, kalo seumpama lo masih tidak tepat melaksanakan sholat lima waktu nah mulai sekarang begitu denger adzan langsung ambil air wudhu dan sholatlah. Jangan sampe mau diatur sama setan yaitu makhluk Allah yang bandel tingkat langit bumi. Karena ada suatu hadis yang mengatakan kalo kita menunda-nunda sholat, kita tidak akan mendapat syafaat di hari akhir. Juga, sholat bisa menghindarkan dari perbuatan keji dan mungkar.
            Kedua, mulai latihan puasa dari sekarang. Caranya? Puasa sunah Senin dan Kamis. Dengan cara itu, kita bisa terlatih untuk puasa. Kalau kita sendiri tidak memulai sekarang, mungkin di bulan Ramadhan nanti kita kaget. “loh kok gue nggak kuat ya?”, “haus nih, laper lagi!” Naudzubillah, jangan sampai kita seperti itu. Memang es teh manis menggoda di siang hari yang panas ketika puasa, tapi lebih menggoda mana selain kita akan masuk surga jika bisa berpuasa dengan baik? Padahal waktu puasa di Indonesia terhitung nggak lama, kan cuma 13 jam. Sementara, di Swedia mencapai 21 jam serta Iceland mencapai 22 jam.
            Nah yang ketiga, mulai bersedekahlah dari hal-hal yang kecil. Bersedekah nggak harus pake uang kok. Islam membuat segalanya menjadi mudah dan indah, tapi janganlah menyepelekan Islam. Senyum pada kerabat sudah terhitung sedekah. Nah, bagi yang biasanya tampangnya kusut, lecek, ditekuk mulai sekarang tersenyumlah dengan ikhlas.
            Selanjutnya, lo bisa berbuat baik pada sesama. Bisa juga dengan melatih kesabaran. Seumpama ada orang yang buat emosi lo naik, lo senyumin aja. Biar dia bertanya-tanya kok lo bisa sesabar itu.
            Ada suatu hadis “Barangsiapa yang bergembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan, maka Allah SWT akan mengharamkan jasadnya masuk neraka (HR. Bukhari dan Muslim) tuh baca. Kita kalo udah seneng aja jasad kita diharamkan masuk neraka. Subhanallah, bulan yang benar-benar penuh rahmat yak!
            Intinya kita harus bisa membersihkan jiwa kita mulai dari sekarang untuk menyambut bulan suci. Jangan sampai kita menyia-nyiakan waktu yang ada. Ya, semoga aja umur kita semua masih bisa untuk ketemu bulan Ramadhan. Aamiin.
            Ada juga nih hadis yang bisa memotivasi kita “Apabila Ramadhan telah datang maka dibukakan pintu-pintu surga” (HR. Bukhari dalam Kitab as-Shiyam) nah, ayo yang mau masuk surga berusaha mendapat tiket ke Jannah pada bulan suci. Jangan sampai tempat kembali yang dituju neraka. Ada suatu hadis “Panas api neraka adalah 70 kali dari panasnya api yang biasa dipakai anak cucu Adam untuk memasak (HR. Bukhari). Mengerikan!
            Nah itu dulu deh tentang Ramadhan. Semoga bermanfaat yak! Lakukan dulu hal-hal kecil yang bisa lo perbuat. Sebentar lagi Ramadhan akan tiba. Salah satu tandanya dengan kemunculan iklan sirup *eh. Barakallah. Wassalamu’alaikum!
            

25 Komentar untuk "Ramadhan is OTW"

  1. Alhamdulillah kita ada di Indonesia yg waktu siang dan malamnya seimbang.. Gimana rasanya ya puasa 22 jam? hehe

    malutanya.blogspot.com

    BalasHapus
  2. artikelnya luar biasa,, bisa jadi renungan untuk memperbaiki diri. makasih banget gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, smoga bs dipraktekkan dlm kehidupan ya. Yup, sama-sama

      Hapus
  3. Gak bisa di bayangkan kalau puasa sampai hampir 24 jam lamanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeah, kl orang Indo bakal ngeluh mulu. Tp itu semua akan ada balasannya kok bsk di akhirat :)

      Hapus
  4. ga nyangka, sebulan lagi kita memasuki puasa ramadhan :)
    tahun ini harus full setelah tahun kemaren jebol sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEMANGAT! Jangan sampe kalah sm nafsu ya. Tahun ini hrs full donk

      Hapus
  5. 21-22 jam? Masya Allah,, iman setipis kulit bawang, ga yakin bisa bertahan selama itu.

    ya, kita harus banyak-banyak bersyukur, tinggal di daerah siangnya hanya 12-13 jam dan panasnya pun ga extrim mereka sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tetapi sebagian manusia masih ada yg kurang bersyukur. Berbahagialah kita yg tinggal di daerah tropis :)

      Hapus
  6. Wa'alaikum salam wr.wb super sekali artikelnya :thumbup

    BalasHapus
  7. Sebelah foto lu :D nice post dear :)

    BalasHapus
  8. Aduh ini berat tulisannya bawa-bawa hadist. haha
    Puasa sebentar lagii yaaa.. hmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan kok berat.. brapa kg? :D yeah sbentar lg tinggal menghitung hari

      Hapus
  9. artikelnya mantep cantik hehehe

    BalasHapus
  10. waalaikumussalam warahmah
    artikel yg menarik, jadi makin teringatkan bahwa ramadhan kian dekat, bahwa diri ini juga musti lebih baik lagi
    thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. siiip, sama2 ya. Smangat utk Ramdhan tahun ini ^^

      Hapus
  11. Xixixi. Udah beberapa hari Ramadhan nih. :D Tetep semangat, kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih donk.. tapi kok ini malah mau ditinggal bulan Ramadhan :( tinggal beberapa hari lagi

      Hapus
  12. tulisannya artikelnya sudah lama, tapi masih menarik untuk di baca dan simak terus, sukses selalu bro

    salam sukses
    Amoorea Sabun

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah kita ada di Indonesia yg waktu siang dan malamnya bisa dbilang seimbanglah ya, untung bangat tinggal di Indonesia hehe

    salam
    Amoorea Sabun
    Amoorea Instagram

    BalasHapus

Silahkan memberikan saran dan masukan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel