Farewell Post

           Assalamu’alaikum pembaca setia blog gue. Sebelumnya gue ucapin terima kasih ke kalian yaitu temen-temen blogger gue yang udah berkenan mampir ke sini juga saling menyemangati. Ini adalah post pertama gue di tahun 2016. Gue juga pamit sekalian, kalo tahun 2016 gue nggak bisa aktif ngeblog. Bahkan gue nggak tau sebulan bisa post berapa kali mungkin satu artikel atau tidak sama sekali. Sebelum lo baca kalimat-kalimat selanjutnya, please baca screenshoot ini dulu
Kata-kata yang ngeJLEB
            Jujur, setelah gue pikir-pikir jadi blogger tuh ada manfaat juga kekurangannya. Manfaatnya sih ya kita para blogger bisa nambah temen di seluruh Indonesia, jadi lebih hits, bisa share apa yang ada di pikiran kita, jadi ajang silaturahmi, dan masih banyak lah. Kekurangannya bagi gue cuma satu yaitu boros waktu. Yep, ini nggak bisa dipungkiri ngeblog tuh butuh waktu. Ya, kalo ngeblognya asal-asalan sih lima menit tinggal copas artikel terus di post. DONE. Bukan, bukan gitu.
Pertama, lo harus bikin artikel yang original dan nulisnya harus pake hati. Kalo gue sih gitu, kan cuma dari hati yang bisa menyentuh hati *eaak. Kedua ngepostnya pake bacaan basmallah biar berkah. Ketiga share artikel ke komunitas-komunitas blogger yang udah diikuti. Biar lebih akrab ke temen-temen blogger lo juga harus bisa blogwalking.
Setelah gue pikir-pikir, gue belum saatnya ngeblog. Gue masih pelajar SMA kelas 10 pula. Waktu gue nggak boleh sia-sia dan berlalu gitu aja. Gue takut masa depan gue suram karena kebanyakan waktu terbuang sia-sia karena gadget. Lo pasti kaget kok gue bisa berpikiran kayak gini. Gue baru aja baca novel “Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah” karya Tere Liye. Nah, novelnya tuh banyak banget mengandung nilai-nilai kehidupan.
Jujur sih guys menurut pandangan gue si kutu buku novel pas liburan, novel-novel bang Tere tuh paling cocok buat anak-anak Indonesia. Meski pun di novelnya ada yang bertuliskan novel dewasa, lo jangan mengira yang gitu-gitu. Novelnya tuh banyak nilai-nilai positif dan Indonesia bangeeett!! Karena di dalamnya adat Melayu kental sekali. Beda sama kebanyakan novel-novel Indonesia sekarang yang mana kiss on the lips merupakan suatu hal yang biasa, minum minuman alkohol dianggap wajar, pacaran pasti adanya. Astaghfirullah, naudzubillahi min dzalik.. Nah mulai dari itu gue pengen koleksi novel-novel beliau. Ya, meski harus hemat uang saku dulu sih. Kan bukunya tebel-tebel, mahal pula.
 Setelah itu gue stalk fanpage milik bang Tere dan gue nemu satu catatan yang berjudul “ALASAN”. Gila, gue baca itu serasa ditampar. Lo coba deh baca catatan bang Tere yang satu itu. Penggalannya ada di screenshoot di atas.
Emang sih pasti ada yang berpikiran “Kalo lo bisa manage waktu ya nggak apa-apa kan?” Sayangnya enggak segampang itu bagi gue. Kalo aja kuota penuh, pastilah seharian gue bisa lengket sama laptop. Nah maka dari itu, inilah salah satu langkah gue buat lebih maju. Gue nggak mau bikin ortu kecewa lagi gara-gara prestasi yang menurun.
Selain itu gue juga udah memutuskan buat ganti HP. Yang penting HP tuh bisa buat SMS dan telphone kan? Nah reteret inilah calon HP gue di semester 2.
HP Baru :'D
Iya, sebenernya kalo gue nggak ikut grup-grup Islami di WA gue bakal jual HP yang berbentuk persegi panjang dengan warna putih itu (HP lama). Terus uangnya gue pake buat liburan ke Amerika buat ketemu Fatih Saferagic dengan naik bajaj dan minta diajarin supaya jadi hafidz Qur’an (oke, ini mulai menghayal tingkat tinggi) Nah berhubung gue pake WA dan ada banyak artikel Islami yang di share, HP gue yang lama tetep di simpen tapi gue titipin ke orangtua dengan perjanjian si HP akan ada di tangan gue kalo cuma malem Minggu aja. Gue pesen sama ortu, apapun yang terjadi mau gue nangis guling-guling atau ada om-om nggak dikenal goyang dombret di depan rumah pokoknya tuh HP jangan dikasih ke gue kecuali kalo keadaan urgent.
Nah aplikasi seperti LINE, Path, instagram dan sejenisnya mungkin gue udah nggak aktif lagi. Ini baru kemungkinan tapi ya bisa aja terjadi. Nah, yang jadi followers gue, lo bisa unfoll gue atau kalo tetep stay ya gapapa karena kemungkinan gue akan aktif lagi. Tapi, gue aktifnya saat masa-masa liburan aja sepertinya.
Juga, gue mau ngomongin tentang novel. Hmm, jujur sebenernya gue udah buat sampai 90 halaman lebih. Tapi, ya itu gue bikin novelnya sebelum gue berhijrah. Jadi, isinya cinta-cinta monyet anak muda yang udah pasaran, mana nilai moralnya dikit lagi, ck! Nah, karena hal itu gue nggak akan mempublikasikan 90 halaman itu. Emang sih jadi penulis itu impian gue sejak lama. Kalo Allah udah meridhoi suatu saat pasti bisa. Tapi, nggak sekarang. Gue nggak mau terburu-buru menyelesaikan suatu naskah untuk buku. Kalo ngerjainnya secara terburu-buru hasilnya nggak bagus.
Gue juga nggak boleh egois. Nulis buat buku, gue kesampingkan. Yang penting orangtua bahagia dulu deh. Apa pun akan gue lakukan buat mereka bahagia asalkan itu masih di jalan agama yang lurus. Karena gue sadar, suatu keluarga yang harmonis itu merupakan anugrah terindah dari Allah Ar Rahman. I’m so grateful for each day they gave to me. Ayah gue yang terlihat biasa-biasa aja kalo ada masalah, tapi gue tau sebenarnya beliau sangat perhatian juga diam-diam memikirkan solusi, kalo udah ketemu baru berbicara deh. Nyokap gue yang nggak henti-hentinya nasihatin gue untuk kebaikan, dan gue yang terkadang masih ndableg duh ndableg bahasa Indonesianya apa ya. Pokoknya gitulah. Juga adik gue satu-satunya yang masih kecil lucu tapi juga ngegemesin karena tingkah lakunya. Alhamdulillah, gue masih bisa berada di tengah-tengah mereka. Janganlah Engkau cabut kebersamaan ini. Semoga kami bisa berkumpul dan bersua dengan Baginda Rasulullah SAW di surga kelak Ya Allah. Aamiin..
Kan ada hadist tuh kalo ridho Allah tergantung ridho orangtua. Gue pengen memutar waktu rasanya, tapi mustahil kan. Jadi, ya gue sekarang pengen jadi gue yang dulu. Aza kecil yang nggak tau apa itu blog, nggak punya gadget canggih, lebih suka mojok sambil baca buku dan bisa membuat senyum kedua orangtuanya dengan hal yang berhubungan dengan sekolah. Gue kangen masa-masa itu. Inilah salah satu langkah gue buat meraih mimpi-mimpi gue yang gagal.
Gue nggak enak saat saudara gue yang bernama mas Dito sama mas Doni, yang mana mereka lulusan STAN pasti bilang ke gue “Dik, kamu harus bisa masuk STAN ya! Nanti setelah lulus SMA, tak cariin buku-buku latihan, kalo nggak bisa kamu tanya ke aku aja.” Pasti kalo ketemu begitu aja. Dan nyokap gue mendukung banget. Padahal gue tuh paling nggak suka sama matematika. Yang bener aja, gue disuruh masuk sekolah yang kerjaannya ngitung mulu, mana semuanya pinter lagi. Tapi, ya enaknya setelah keluar dari STAN jadi PNS dan hidup bahagia.
Di berita kan banyak para pejabat yang korupsi. Iih, gue ngeri. Nah di lain sisi, jujur ya gue dulu pengen jadi pramugari. Kalo nggak kerja di bagian food and beverage di kapal pesiar Royal Caribbean International tepatnya di Legendary of The Seas. Sebelum berhijrah, gue dulu selalu punya mimpi dapet kerja yang enak, bisa keliling dunia gratis pula. Tante gue yang berasal dari Banyuwangi, kemarin bilang sama gue “Za kalo kamu pengen jadi pramugari mulai sekarang harus siap-siap ya! Bahasa Inggrisnya harus lancar, jaga berat badan. Di kost Tante, ada orang yang kerja di Lion Air dan punya kenalan. Kalau kamu mau, Tante bisa bantu. Yang penting sekolah pramugari dulu ya.” Gue tergiur banget dengan tawaran itu. Realistisnya gini, sekarang banyak sarjana yang belum tentu bisa dapet pekerjaan. Kedua, setelah lulus dari SMA bisa langsung kerja dengan gaji yang lumayan. Ketiga, kerjanya terlihat elegant. Gue pun dengan antusias bertanya “Boleh pake hijab nggak?” sayangnya, nggak ada Pramugari di Lion Air atau maskapai di Indonesia mana pun kecuali Nam Air yang boleh berhijab. Gue segera menggeleng sambil tersenyum masam. Emang, jadi pramugari tuh kerjaan yang gue inginkan udah lama banget tapi gue sering berubah-ubah. Pernah gue pengen jadi diplomat dan bisa kerja di kedutaan besar tapi mimpi gue yang ini terlalu jauh ya. Gue juga pernah saat TK pengen jadi dokter dan sekarang gue sadar gue nggak suka IPA lebih enjoy di IPS.
Gue kecewa sih, kenapa maskapai di Indonesia kecuali Nam Air nggak memperbolehkan pramugarinya berhijab. Gue harus segera move on dari impian jadi pramugari. Nah, sekarang gue malah berpikir sederhana. Jadi guru kayaknya enak ya. Labil banget. Tapi, ya wallahua’lam. Kan semuanya udah diatur sama Allah. Gue tinggal menjalani hari-hari gue dengan penuh pikiran positif dan nggak usah mengkhawatirkan apa yang belum terjadi. Soal pekerjaan diserahin aja sama Allah. Juga gue nggak boleh curang semisal nyuap atau karena bantuan orang dalem. Kan nanti nggak berkah kerjanya kalo gitu. Lagipula bagi seorang wanita yang jadi fokus utamanya tuh kan jadi ibu rumah tangga yang baik. Ya, kalo bisa kerja dulu buat nyenengin orangtua, nggak apalah.
Dengan unactivenya blog ini sementara atau beberapa saat, gue nggak tau jelasnya sampai kapan gue pengen sedikit demi sedikit meneladani Nabi Muhammad SAW. Yang mudah dulu aja yaitu tiga hal, hidup sederhana, peduli sesama, dan bermanfaat bagi kehidupan. Hmm, jujur sih gue nulis artikel akhir-akhir ini tentang Islam. Kenapa? Gue pengen berdakwah via blog. Kan dakwah itu kewajiban bagi setiap Muslim, kita harus saling mengingatkan satu sama lain. Apalagi gue ikut komunitas OLID (Our Life Is Dakwah), gue bisa dapet temen-temen yang berjuang untuk agama Allah dan mereka menyuntikkan semangat ke diri gue. Tapi, ya itu gue harus pergi dulu. Nah, tapi jangan khawatir. Kalo lo pengen tanya-tanya ke gue seputar ilmu agama kalo gue bisa jawab, In Shaa Allah gue jawab. Kontak aja gue di azaliazalfaa@gmail.com atau via twitter di  . Kalo gue online, In Shaa Allah gue jawab.
Kejadian paling berharga waktu ngeblog sih ya pas itu saat bang Raditya Dika mengunjungi blog gue dan bales mention gue di twitter. Seketika itu pengunjung blog gue naik beribu-ribu. Bahkan saat itu banyak yang mention gue dan berpendapat tentang blog. Artikel yang dibales mentionnya bang Dika, masih jadi nomor satu di popular post sampai saat ini. Jadi kenangan tersendiri buat gue.

Gue balik ke dunia nyata dulu ya guys dan memperbaiki semua sebelum terlambat. Sedih sih rasanya ninggalin sesuatu yang gue anggap berharga di lain sisi hal ini juga mengganggu belajar gue. Maafin gue ya kalo ada salah yang gue tau maupun enggak. Sekali lagi terima kasih untuk teman-teman blogger, pembaca setia gue, silent reader, dan semua yang mendukung blog ini. Jazaakallah wa jazakillah khairan. Satu lagi, tolong jangan pernah lupa doakan kebaikan buat gue, hehe syukron. Wassalamu’alaikum

14 Komentar untuk "Farewell Post"

  1. sangat menyentuh artikel ini za.
    padahal aku baru mulai seneng ngikutin artikelmu tentang dakwah.
    yaa moga sukses ya za.
    baru kelas sepuluh toh semngat ke depanya.

    BalasHapus
  2. yah padahal aq fans kamu loh
    tapi y sudah
    belajar yg benar yak nak, buat orang22 disekitarmu bangga

    BalasHapus
  3. apapun keputusannya semoga terbaik ya mbaa.. kalo saya insyaallah ngeblog gak buang waktu, sejam setiap hari masih bisa, dan masih bisa ngurus suami, rumah, dll. apapun insyaallah berkah :)

    BalasHapus
  4. Sangat menyentuh, pilihlah jalan terbaikmu nak.

    BalasHapus
  5. Insya Allah apapun pilihan kita yg kita pasrahkan kepada Allah diberikan kemudahan dan kelancaran serta hasil yang penuh kenikmatan :-)

    BalasHapus
  6. adooooh hp-nya itu imyut banget, suka warnanya yg putih, mungil pas masuk ke dalam saku baju or dalam tas mungil. Nyaman dalam genggaman tangan.

    Setuju dek Zalfaa, keputusan utk memilih pekerjaan tanpa harus melanggar syariat (misal membuka aurat/jilbab) sudah tepat. Smoga Allah memberikan kemudahan bagi hambanya dalam ketaatan, dan cita2 dek zalfaa tercapai. insya Allah. aamiin.

    BalasHapus
  7. Nge blog 5 menit karena copas? It's a big NO! NO!! Itu mah bukan blogger nama nya.. Hihihii.. Asik juga ya bisa dikunjungi oleh raditya dika. Mungkin postingan nya berkenan tuh, kece..

    BalasHapus
  8. Semangat, ya? :) Semoga nanti bisa sukses. :)

    BalasHapus
  9. Setiap keputusan pasti ada alasannya dan kalau itu demi kebaikan kenapa tidak..?

    Semoga sekses mencapai cita-cita ya mbak Zalfaa...Aamiin... :)

    BalasHapus
  10. Msh kelas 10 ya?

    Nggak papa deh hiatus. Aku umur segitu aja msh suka cari gara2. Kamu keren krn mau brubah jd lbh baik

    BalasHapus
  11. pilihlah yang terbaik buat km

    BalasHapus
  12. Ooooo girl... You make sad.... :(

    BalasHapus
  13. waah keren dikunjungi Raditya Dika..
    come back soon yaa

    BalasHapus
  14. ane juga megang hp jadul sob dari kelas XII ini demi masa depan .

    BalasHapus

Silahkan memberikan saran dan masukan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel