Jodoh Dunia Akhirat


           Rasanya aneh nulis dini hari kayak gini. Tapi, gimana lagi. Susah tidur, ya udah sekalian nunggu waktu sahur. By the way, Alhamdulillah bentar lagi gue resmi jadi anak kelas 11 IPS. Yuhuu, gue terbebas dari fisika, kimia, dan biologi. Passion gue di IPS and in shaa Allah I will work hard for my big dream.

            Beberapa hari yang lalu seorang pembaca blog gue, ngirim pesan ke gue kalo dia request artikel tentang menjadi istri yang baik dunia dan akhirat bagi suami. Saat baca pesannya gue kaget dan berusaha mencerna. Awalnya kaget sih dapet request kayak gitu sekaligus baper. Jangan salah, yang request bukan ibu-ibu tapi seumuran juga sama gue. Dan gue pun merasa tertantang juga. Apalagi, gue baru aja namatin 3 buku tentang cinta. Pertama, Halaqah Cinta karya teladan.rasul, kedua Kutinggalkan dia karena Dia karya duniajilbab, dan yang non fiksi yaitu Catatan Hati Seorang Istri karya mba Asma Nadia.
            Tulisan ini gue persembahkan buat kalian para jomblo yang tetap istiqomah, sedang dalam penantian, atau yang udah punya suami juga boleh baca. Yang punya pacar juga boleh baca biar cepet putus. Langsung aja yuukk..
            Sebagai seorang Muslimah rasanya nggak pantes kalo kita mengemis perhatian dari orang yang kita kagumi. Sadar ngga sadar hal itu malah bikin si dia merasa aneh sama kita. Nah kalo kita mau jadi istri yang shalihah idaman pemuda sholeh, perjuangannya ngga mudah lho. Hal ini lebih sulit daripada ngupas kwaci goreng yang kecil-kecil kayak semut. Kalau masih remaja, ehem kayak gue.. yang perlu dilakukan adalah
1.      Menjadi single dan punya prinsip ngga akan pacaran. Yep, kita ngga perlu kok mengungkapkan cinta pada si dia kalau sayang. Pacaran itu cuma waste time. Banyak kok kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan untuk menghindari pacaran. Ya, seumpama baru dimabuk cinta, sabar aja. Jangan kemakan nafsu. Bisa jadi, orang yang lo pacari saat ini (bagi yang berpcaran) bukan jodoh yang ditentukan Allah. Ntar kasian suami/istri lo kelak karena cintanya udah ngga murni. Kalau menurut gue ya, cinta bisa diibaratkan dengan puasa. Kalau buka di siang bolong (baca: mokah) kenikmatannya pas buka di saat Maghrib pasti udah ga ada. Saat lebaran merasa bersalah dan ga enak karena puasanya ga full. Nah, sama aja pacaran, udah menyatakan cinta berapa kali, romantis-romantisan berapa kali, pegang tangan, main bareng seberapa sering? Suatu saat kasian suami/istri lo kelak. Romantisnya udah luntur karena udah terbiasa. Beda sama yang bisa bersabar dulu sampai Allah pertemukan dengan si dia. Pasti feelnya beda dan dapet banget. Karena bagi jalan cinta para pejuang, sekali mereka menemukan yang ditakdirkan, cinta mereka akan abadi sampai surgaNya. Hhh, gue nulisnya jadi baper sendiri.
2.      Memantaskan diri dengan menjadi wanita shalihah. Inget firman Allah dalam QS An Nur ayat 26, ayo dibuka dulu Al Qur’annya. Yup, kalo perempuan baik-baik diperuntukkan lelaki yang baik begitu pun sebaliknya. Jadi, kalo pengen dapet jodoh yang alim, kita juga harus bisa jadi orang alim. Memantaskan diri bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu berbusana syar’i. Yup, keindahan yang ada pada wanita sejatinya cuma diperuntukkan bagi sang suami kelak. Jadi, ngga perlu diumbarlah. Dengan hijab membuktikan tanda taqwa pada Allah. Terus, yang ngga kalah penting yaitu belajar memasak. Lo ngga mau kan kelak suami lo harus makan di luar terus. Makanya, jadikan rumah sebagai tempat pulang yang dirindu suami dengan masakan yang sedap!aaiih.. Yang terpenting adalah memperbaiki akhlak kita. Tapi inget, kita memperbaiki diri bukan semata-mata buat jodoh kita. Tapi, luruskan niat dulu ya shalihah untuk Allah semata. Kejar cintaNya maka lo akan dapet cinta terbaik dariNya pula.
3.      Rawat kecantikan yang Allah titipkan pada kita. Setiap Muslimah itu cantik. Mulai dari sekarang kalo bisa singkirin deh kebiasaan buruk kita sebagai seorang Muslimah kayak ngga mandi 3 hari 3 malam, hhh suami lo akan berteriak histeris kalo kebiasaan itu ngga hilang. Juga, berpenampilan yang rapi dan enak dipandang. Allah itu suka keindahan, jadi kita sebagai hambaNya harus berusaha tampil dengan baik tapi jangan berlebihan. Nah, kalo kebiasaan-kebiasaan baik udah hinggap pada diri kita, in shaa Allah suami lo kelak bakal betah di rumah. Eits, tapi inget. Jangan terlalu fokus memperbaiki penampilan luar tapi hatinya ngga ditata. Kayak kata bang Humood kalo kecantikan yang sebenarnya itu ada di hati, eaak. Kun anta tazdada jamala.
4.      Tanamkan rasa syukur dan sabar. Ehem, sebelumnya gue mau cerita kalo ngga semua kehidupan rumah tangga tuh selalu enak. Kayak kisah-kisah di CHSI. Hhh, ngga nyangka gue, ada laki-laki setega itu dan wanita yang selalu sabar dan tabah saat dikhianati suami tercinta. Di buku itu sering gue baca kalo 3 tahun kehidupan berumah tangga tuh pasti berjalan oke aja, sampai tahun-tahun selanjutnya sikap sang suami yang dulunya lemah lembut, baik, mulai berubah jadi kasar. Ngeri dan penuh gejolak saat gue baca buku ini. Soalnya non fiktif dan berisi curahan kisah nyata para istri. Ok, it’s enough. Nah, dengan rasa syukur, saat kita udah berumah tangga segala hal akan terasa indah. Sekecil apa pun kenikmatan yang didapat pasti selalu senang. Lalu, dengan bersabar, kehidupan rumah tangga akan harmonis. Saat ada masalah, ngga mungkin kan air dengan air atau api dengan api. Salah satu harus bisa mengalah dan bersabar terus kembali harmonis deh kehidupan rumah tangga.
5.      Pelajari ilmu agama. Ini poin yang paling penting. Kalo kita pengen jadi jodoh dunia akhirat bersama pasangan pelajari ilmu agama. Sebelum menikah, baca fiqih-fiqih tentang pernikahan. Dengan begitu in shaa Allah rumah tangga bakal jadi sakinah, mawaddah wa rahmah.
Kurang lebih itulah sekelumit tulisan gue. Hei kamu yang request tulisan ini, maaf ya cuma ini yang bisa gue tulis. Secara, lo harusnya tanya sama orang yang udah berumah tangga sementara gue masih terlalu dini untuk membahas persoalan ini.
Jujur kawan, sepertinya gue lebih dewasa dari umur gue. Hal itu disebabkan gue banyak baca buku-buku yang mengandung nilai kehidupan dan hal itu membentuk karakter pada diri gue. Alhamdulillah buku-buku yang gue baca mengandung nilai-nilai positif. Gue selektif dalam hal bacaan. Sayang banget kan kalo uang terbuang percuma buat beli buku yang ngga mendidik. Kalo sekarang sih gue baru suka banget sama novel-novel Tere Liye. Cerita dan gaya penulisan beliau sederhana namun selalu mengesan di hati. Gue udah baca 4 novel beliau dan selalu menitikkan air mata. Juga, semangat untuk berbuat kebaikan selalu gue rasakan setelah baca buku beliau.
Nah itu dia beberapa tips supaya bisa jadi istri yang baik dunia dan akhirat bagi suami. Kalau ada yang pengen ditambah, silakan karena gue sendiri merasa banyak kekurangan. Ayo, semangat beribadah untuk Ramadhan! In shaa Allah next post gue bakal posting amalan-amalan keliru seputar Ramadhan dari buku Panduan Ramadhan karya Muhammad Abduh Tuasikal. Semoga menggugah!

34 Komentar untuk "Jodoh Dunia Akhirat"

  1. Menjadi single dan tidak memilih pacaran, untuk kaum lelaki musti nyari sandang papan, dulu , nice atikelnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. tanggungjawab lebih besar ada di laki-laki.. jadi, mulai sekarang harus persiapan lah..

      Hapus
    2. Iya.. tanggungjawab lebih besar ada di laki-laki.. jadi, mulai sekarang harus persiapan lah..

      Hapus
  2. q sih g semuanya dilaksanakan tp Alhamdulillah ada salah satu yg udh q lakuin.

    BalasHapus
  3. Nice,post pertama yg ngebahas hal kayak gini

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. iyaa, idaman banget perempuan kalo bisa seperti itu..

      Hapus
  5. Alhamdulillah ya, semoga istiqomah dengan memegang teguh prinsip tidak pacaran. :)

    BalasHapus
  6. Jadi saya harus tetap jomlo nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, nggak gitu.. kalau udah nikah kan udah ngga jomlo

      Hapus
  7. Pacaran jaman sekarang sudah biasa deh keknya meskipun itu jelas dilarang Islam. Saya senang sekali apabila ada remaja yang bisa bersabar tidak berpacaran sampai menikah nanti. Semoga anak saya bisa melakukannya juga ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. semoga anak-anak mba anjar bisa jadi anak yang sholeh dan shalihah.. :)

      Hapus
  8. Bener2 Za... Temenan aja.. Ntar klo dah nemu yang klop, lngsung nikah ( tp klo dah kuliah kelar..dah kerja). Btw...selamat, dah terbebas dari aneka rumus. Hidup ips!

    BalasHapus
  9. Semoga banyak yang gak pacaran dan meninggalkan hal itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, karena pacaran sebelum menikah engga baik *menurut perspeksi saya mba

      Hapus
  10. Uwuwuw aku jomblo dong :p dan belum tertarik buat pacaran :p terus sempet kepikiran buat nikah. Tapi tetep ajaaa, calonnya belum ada~ uwuwu wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah, kalau kamu ngga berusaha kapan ketemunya ._. kan cowok harusnya lebih aktif donk dalam menjemput si "dia" hehe

      Hapus
  11. Wait, what?? Kamu masih kelas 11...... Memang sih, sepertinya lebih dewasa dari anak seumuran kamu ya... Jarang loh anak muda yang rajin nge blog begini. Salut deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, masi kelas mba asti bentar lagi ke kelas 12 in shaa Allah :)

      Hapus
  12. kirain kamu udah mahasiswa, baru kelas 11 tah. postingan-postingan kayak gini nih, bagus banget.
    nice lah.
    bermanfaat.. jomblo sampe halal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi belum mahasiswi kok..
      Ya, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  13. kalo ilmu agama terus ditekuni, gak akan ada lagi tuh yang namanya galau - galau karena jomblo :))

    BalasHapus
  14. rasanya saya sepakat dengan pemikiranmu mbak, waduh masih sekolah pikirannya udah jauh tentang jodoh. tetap istiqomah mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. ini efek baca-baca buku islami tentang cinta mas bimo..
      kan di islam ga ada yg namanya pacaran, jadi ya udah deh langsung to the point : nikah :'D

      Hapus
  15. inilah ciri-ciri perempuan muslimah yang paling di cari2 :)

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. wee baru kebaca tahun 2020 wkwk
      diem-diem lu sering berkunjung di mari juga yaa..

      Hapus

Silahkan memberikan saran dan masukan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel