Apakah Bumi Bulat atau Datar


            Hae hae! Gue cuma mau bilang gue udah kelar sama UN! Yes, I’ve through National Exam happily. Rasanya plooong banget. Bahkan setelah selesai mengerjakan UN dan masih di ruangan, temen-temen sekelas dan gue juga meluapkan kegembiraan dengan berseru lega di ruangan, hehe maafin kita ya bu pengawas karena saking seneng dan leganya. Tapi, entah kenapa UNBK tahun ini tingkat kesulitannya lebih tinggi, banyak yang protes di akun kemdikbud.ri di instagram, lo coba nyimak deh komentarnya sambil makan popcorn, bikin ketawa gitu dah. Apa pun itu, hasilnya udah gue serahin sama Allah aja dah. Toh UN ga menentukan kelulusan tapi ya gue harap nilainya ga malu-maluin sih wkk..
            Aduh, masa SMA gue hampir kelar yak ehehhe. Rasanya kok ya cepet dan bikin kangen sama memori-memori yang udah gue jalani sama temen-temen. Dulu saat gue liat film Dilan, di bagian openingnya kan ada nada-nada yang “Dulu kita masih remaja, usia anak SMA” aduuuh bikin gemas dan kangen sama temen-temen beserta memori di dalamnya.
            OK, gue cuma nyelipin secuil kisah SMA gue di atas. Fokus kali ini bukanlah mengenai kehidupan gue di masa putih abu-abu. Daan seperti judul di postingan kali ini, kalau gue bakal bahas apakah bumi itu bulat atau datar. Eum, menurut lo gimana? Apakah datar? Apakah bulat? Atau kotak-kotak.
            Nah, sebelumnya gue ga terlalu memikirkan masalah ini. Mau bumi bulat atau datar, yang penting oksigen di dunia masih layak dihirup, masih ada yang jual coklat di muka bumi dan stok orang-orang beriman semoga semakin bertambah. Awal mula gue kepo akut mengenai masalah bumi bulat atau datar adalah, berawal dari pernyataan seorang anak “Mba bumi itu datar...” dia ngomong panjang lebar beserta argumentasinya. Saat itu sih gue ingin langsung membantah bahwa bumi itu bulat dan menjelaskan fakta-fakta yang sedikit gue tahu. Tapi, gue takut kan kalau bicara tanpa ilmu bisa bahaya tuh, bisa-bisa juga sok pinter atau ngawur. Maka, gue bilang ke adik tadi dan ke temen-temennya kalau inshaallah besok bakal gue jelasin apakah bumi itu bulat atau datar. Gue perlu banyak referensi dulu buat menyimpulkan.
            Dan saat gue sampai rumah, gue langsung buat story di WA apakah bumi itu bulat atau datar
update status dulu wekaweka cekaceka
  
          Dan beberapa respon temen-temen gue yang bikin leng-geleng geleng, dan bikin ketawa jugak sih wkk.. nih
Kalau bumi berbentuk cinta, mungkin tidak akan ada patah hati karena semua berdasar cinta yang tulus, etdah apaan si .-,




Kalau bumi bentuknya zig-zag, penduduk bumi sehat donk, kan bisa lari-lari setiap hari .-.



Ini jawaban ketua ROHIS gue, kayaknya suka ngaji dia, masi inget aja apa kata pak ustadz



Ini kayak antara milih dia atau aku, eh tapi kok gabisa ngasih kepastian milih siapa :( sedih tauk



Ini kata temen sebangku gue, tapi alasan gatau .-. btw semangat SBMPTN yak!



Kata ketua kelas gue yang bisa jadi karena sering apa yaa, sering senang hati aja kali


Nah ini ada realistis dan logika :p


GREGEET!
Belum ada yang cetar penjelasannya, yang ada hanyalah opini-opini yang bikin gue ketawa tapi kzl juga wkk..
            Eum sampai sini kalian ada yang sependapat sama pendapat temen-temen gue? Jangan-jangan lo tersugesti kalau bentuk bumi itu cinta seperti bentuk hati atau zig zag? Oh my .-. plis dah..
           Akhirnyaa.. ditemukanlah setitik cahaya yang sangat membantu dalam menghadapi kebuntuan pertanyaan BUMI ATAU DATAR ATAU BULAT .. dan ini jawaban kakak kelas gue yang pinter geografi.. tentunya rasional dan anti baper baper club, ga kayak jawaban di atas yang ada sangkut pautnya sama hati wkk
1

2

3

4

5

6


Mudeng? Atau mubeng?
            Ya jadi, lebih ke bulat yaa guys. Gini, contoh kecil aja.. Kalau bumi itu datar mengapa ada pergantian siang dan malam? Terus kalau datar dimana ujungnya, apakah sudah ada bukti riil dan fakta yang lugas mengenai suatu tempat yang merupakan ujung bumi? Lalu jika bumi datar, mengapa di Indonesia siang terus di Inggris bisa jadi sudah malam. Kan kalau datar sinar matahari bisa rata ke penjuru bumi. It just my opini, correct me if I’m wrong.
            Dan setelah itu gue makin penasaran aja. Walau udah dijelasin sama kakak kelas di atas, dan gue berkeyakinan kalau bumi itu bulat, malah semakin kepo gue. Akhirnya gue browsing tuh tentang bumi itu bulat atau datar menurut Islam..
            Eum, menurut website konsultasisyariah.com yang ini menjadi rujukan gue juga kalau ada pertanyaan dan inshaallah terpercaya karena ustadznya berpendidikan dan ga sembarang, JUGA MENYATAKAN BAHWA BUMI BULAT. Check it >> Bumi itu Datar?
            Lalu, saat Dr Zakir Naik berkunjung ke Indonesia, beliau pas ditanya bumi itu bulat atau datar, jawaban beliau adalah BUMI ITU BULAT.Nih lo cek disini >> Bumi itu Bulat atau Datar? Ini Jawaban Zakir Naik
             Penjelasan Ust Felix Siauw kalau BUMI ITU BULAT >> KEREN..!!! Ustadz Felix Siauw : FLAT EARTH LUCU aja - Begini penjelasanya
            Well, sebenernya gue masih pengen tahu lebih lanjut. Jadi pengen beli buku yang membahas flat earth or bulat earth wkk. Dulu sih waktu nganterin temen gue beli buku SBMPTN di Gramed gue liat judul buku flat earth, nah disitu Cuma dari satu sisi pandang aja. Gue takut salah literatur. Tapi, bentar dink gue mau nyelesein Muhammad al Fatih karya Felix Siauw dulu.. Lot of laugh, dari jaman kapan gue beli, ke skip buat ulangan-ulangan, ujian praktik, USBN, UN, jadilah terbengkalai buku itu. Tapi emang bahasanya tinggi sih, jadi kudu konsen banget kalau baca itu. hehe, nih buku belum selesai baca udah lebih dari  1 orang yang ngantri buat minjem. Sabar yaa wkk, gue selesein dulu.
            Nah, sampai sini gue berkeyakinan bahwa BUMI ITU BULAT. Tapi bagi lo yang merasa “bodo amatlah” mengenai masalah ini, at least bisa jadi pandangan lah. Dan tugas kita sebagai manusia di bumi haruslah menjaga lingkungan agar teteup terjaga. Tuuh di Al Qur’an Allah udah berfirman kalau telah nampak kerusakan di muka bumi, hiks.. nah, sebagai Muslim yang baik yook kita jaga lingkungan.. bisa dari hal-hal kecil yaitu membuang sampah tidak sembarangan dan pada tempatnya, tidak melakukan penebangan pohon secara ugal-ugalan, tidak memasukkan bahan kimia ke sumber mata air bagi warga, de el el.
           Ohya bagi lo yang udah kemakan konspirasi bumi itu datar karena habis liat video yang sampai episode 12B kalau ga salah, tunggu dulu. Siapa sebenarnya yang membuat dan upload video tersebut? Apakah benar-benar orang yang cerdas dan mumpuni dalam bidang ini? Dalam link-link di atas yang gue kutip inshaallah yang berpendapat adalah orang-orang yang berilmu. Di konsultasi syariah, pembina bernama Ustadz Ammi Nur Baits, beliau adalah alumni Madinah International University jurusan fiqh dan ushul fiqh. Lalu, Dr. Zakir Naik yang udah go internasional dan berhasil membuat banyak orang menjadi mualaf. Dan Ustadz Felix Siauw, beliau pernah mengenyam pendidikan di univ ternama Indonesia yaitu IPB. Dan kakak kelas gue tadi, pas SMA pernah dapet juara OSK dan sekarang kuliah yang berhubungan dengan geografi juga. Sementara, pembuat video itu pun kita gatau latar belakang pendidikannya gimana.. OK, it depends you to believe or not. Gue ga maksa 
            So, what dou you think? Lo boleh kok beropini beda, bisa di tulis di kolom komentar, jangan lupa beserta alasan.  Wallahu a’lam bisshowab.
            *NB : Karena masalah bumi itu bulat atau datar bukanlah masalah akidah maka tidak sepantasnya kita mencela sesama Muslim jika ada perbedaan pendapat di dalamnya. Yang perlu digarisbawahi adalah, mau bumi bulat atau datar jangan lupa siapkan bekal untuk ke kampung akhirat yang lebih kekal. Semoga kita senantiasa istiqomah di atas agama Islam. Yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa dinik..

Comments

  1. kalau menurut saya sich bumi memang bulat karena melihat kondisi dilaur angksasa seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, actually.. Banyak literatur juga yg sudah membuktikan bahwa bumi itu memang bulat..

      Delete
  2. Haha ketawa sama bentuk cinta or zigzag, jawabannya bikin sumringah hehe, kalau menurut saya bulat, kelihatan kalau matahari terbenam makin lama makin habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eits, ada yang bilang kalau kotak-kotak juga lho bentuknya, ini versi ngawur :3 tp gatau besok lusa kalau ada yg bilang bumi itu berbentuk kotak2 dg teori baru lainnya.. Who knows ehe

      Delete
  3. Emm.. Gitu ya.. Jadi pengen mempelajari lebih lanjut..
    Btw siapa sih kakak kelas itu? Boleh kenalin gak? Kayaknya dia bisa diajak diskusi bareng.. Siapa tau bisa ketemu jawaban yang bener bener bikin aku paham gimana bumi yang sebenernya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduu, ini modus apa gimana yak wqq.. Gue ga yakin dia mau kenalan sama orang yg suka kepo kayak gini.. Maafin jangan :p

      Delete
  4. Wahh.. dari judulnya sudah sangat menarik. Tadinya saya kira Zalfaa akan belain teori bumi datar haha.. ternyata enggak yaa..

    Secara rasional dengan bukti-bukti seperti gerhana, siang dan malam, kapal yang berlayar dll, saya lebih setuju kalau bumi itu bulat. Dan itu sudah dibuktikan kan ya, misalnya dengan pelayaran yang akan kembali ke tempat semula lagi.

    Mengenai ayat-ayat Al Qur'an, mungkin harus ditafsirkan oleh ahli tafsir ya bukan diartikan gitu aja :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iyap seperti itu lah mba.. Memang terkadang kekepoan itu bisa menambah wawasan dan ilmu baru..

      Tapi seru kok Mba cari2 fakta bahwa bumi itu bulat.. Terus isu baru yg ku temukan ada yg bilang kalau dinosaurus itu dulu ga ada.. Mau bahas di blog tapi kok kayaknya lucu dan secara materi tidak menguasai dgn baik ttg dino itu

      Delete
  5. Unbelievable.. Nemu temen smp -_- nice work by the way

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mashaallah.. Hijrah, I can't believe u wrote a comment in mine after a long years ago wkk..

      Delete
  6. hehe iya, sebenernya enggak perlu didebatkan, yang penting kita menjadi manusia yang baik dan berakhlak yang baik pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Netral memang kadang diperlukan🙌🏼

      Delete
  7. Bumi memang bulat ya kak.. kalau datar pasti ada ujungnya.. Tapi ampe sekarang belum pernah nemu ujungnya ya kak karena emang bulattt xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkk.. Biarlah mereka para flath earth society yg mencari lebih tentang ini untuk didebatkan walau yeah bagaimanapun saya akan tetap percaya kalau bumi itu bulat

      Delete
  8. Bumi kalo datar, itu air laut jatohnya ke mana yak... hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting jangan sampai membanjiri hati dengan kenangan *ehhhh

      Delete
  9. saya percaya bumi itu bulat....kalau bumi itu datar itu teori yang absurd menurut saya...

    ReplyDelete
  10. Kalau aku kok yakin bumi itu bentuknya bulat ... soalnya ngga ada ujungnya sih.
    Kalau ada ujungnya ntar pada jatuh gegara pada nengok ke ujung bumi... hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Don't give any spam please :)

Popular posts from this blog

Lelaki Sholeh Idaman Surga

Ketika Seorang Muslim dan Muslimah Jatuh Cinta

Pengalaman Menggunakan Sebuah Cadar