Let’s Talk About Solitude

Pin by Jasmin nimsaj on true muslimah | Muslim hijab, Niqab ...
sumber gambar : pinterest


Assalamualaikum,
Kembali lagi di blog kesayangannya aza dan mungkin kalian semua. Yak, betul kali ini bukan tulisan aza yang tayang. So, gue udah nyiapin mental untuk menerima kekecewaan kalian dan mempersilakan kalian kalau mau skip episode kali ini. Eits, sebelum di skip, gue mau ngasih tau kalau hari ini gue mau bahas tentang jomblo KESEPIAN. Gimana, masih mau skip? Eh, tenang, gue nggak maksa kok. Mangga, pintu keluar ada di sebelah kanan atas.
Nggak jadi keluar nih? Yakin? Oke kita lanjut. Di tengah situasi kayak gini, lagi lumayan banyak nih info - info tentang feeling lonely ini. Udah jomblo ye kan, di kosan, sendirian, kagak boleh mudik pula. Eh, kalian nggak mudik kan? Iya - iya gue paham, pasti kalian mahasiwa yang mudik bin taat aturan bakal dipingit 2 pekan kedepan itu ya? Paham gue. Tapi ternyata nih, rasa sepi yang bergejolak di dalam hati ini, nggak cuma di alami sama jomblo - jomblo doang. Ternyata, ada juga yang ngerasa kesepian padahal lagi bareng sama temen - temennya, atau pasangannya, atau keluarganya. Jadi, kaum jomblo jangan sedih, kalian tidak sendirian, karena semua orang pernah ngerasa kesepian.
Nah, dari sekian pembicaraan yang bahas gimana caranya mengusir rasa kesepian, gue nemu ada satu yang menarik nih, yaitu tentang acceptance. Ini menarik banget menurut gue. Kalau lo lagi ngerasa kesepian, nggak usah ribet dulu cari gimana caranya tuh sepi ilang dari hidup lo. Tapi lo harus aware, sadar kalau diri lo lagi kesepian. Terus lo accept, "iya, gue lagi kesepian". Baru habis itu lo mikir how to deal with this loneliness. Simple kan? Tapi kebanyakan orang itu denial dulu. "Gue nggak kesepian, gue nggak kesepian, mana mungkin gue kesepian", yang kayak gini tuh toxic banget buat mental health lo. Ya sekarang mungkin nggak ngaruh apa - apa, tapi emosi negatif kayak gini yang lo tumpuk - tumpuk sampai beberapa tahun kedepan? Who knows, right?
Jujur, gue seneng banget sih mental health issues itu hype banget sekarang. Ini ngebuka peluang buat orang awam kayak gue dan mungkin lo semua tuh sadar sesadar - sadarnya kalau ngejagain mental health tuh sama pentingnya kayak jaga kesehatan fisik. Jadi nggak cuma asupan tubuh doang nih yang diusahain, tapi asupan jiwa juga (ini kalimat klasik banget ya, but sadly true) .
Oke, balik lagi ke loneliness. Gimana tuh facing si loneliness ini? Kalau menurut gue sih infonya udah banyak banget, lagi sliwar - sliwer tuh di internet, tangkep aja satu. Gue kabur ah.
Wassalamualaikum


Penulis : pegiat buku parenting dan dongeng (ersya afiliana hafiz fadhila)

Belum ada Komentar untuk "Let’s Talk About Solitude"

Posting Komentar

Silahkan memberikan saran dan masukan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel