UN Online

            Welcome February, month of love. I hope this month be beautiful in my life. Halo kawan, tak terasa udah bulan Februari aja yak! Menurut gue bulan ini spesial lhoooo.. Ada yang tau kenapa? Tanggal 5 Januzaj tambah tua. Tanggal 7 gue bakal ketemu penulis kondang Raditya Dika. Dan tanggal 10 waktu gue buat ketemu Sang Pencipta semakin dekat karena waktu gue yang nggak seberapa di dunia ini. Gue mau curcol dikit nih tentang Ujian Nasional. Makin nyesek rasanya setelah tau kalo bakal kayak gini.
            Jadi, tahun sekarang UN menggunakan dua metode pertama Paper Based Test yang masih pake kertas terus kalo mau jawab tinggal melingkari bulatan dengan pensil 2B. Nah yang kedua menggunakan Computer Based Test. Nyeseknya sekolah gue pake metode terbaru. Yap, yaitu Computer Based Test. CBT diaplikasikan ke sekolah ex RSBI atau mantan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.
            Kebetulan sekolah gue mantan RSBI, bukan mantan pacar Robert Pattinson lho. Jadi mau nggak mau harus nurut kalo ujian tahun ini menggunakan sistem online. Sistem online dalam UN kali ini menggunakan komputer, ya iyalah masa alfalink. Gue yang masih pas-pasan kalo pake komputer tambah ndredek mengetahui hal baru ini. Gue mau nangis kejer. Temen-temen gue juga panik kecuali anak-anak di kelas unggulan mereka mah apa aja hayuuk.
            UN online kali ini akan dibagi menjadi tiga gelombang. Gelombang pertama pukul 07.30-09.30 gelombang kedua pukul 10.30-12.30 dan gelombang terakhir agak sore yaitu pukul 14.00-16.00 kalo boleh milih gue mau ikut gelombang terakhir aja kan bisa buat belajar lebih lama. Gue juga masih belum paham bener kenapa ada sistem UN terbaru kayak gini. Jadi di Kabupaten Klaten cuma dua sekolah aja yaitu SMP N 01 Delanggu (sekolah gue) sama SMP N 02 Klaten yang pake sistem ini. Bayangkan guys betapa nyeseknya gue.
            Gue jadi curiga jangan-jangan beberapa tahun lagi UN menggunakan robot. Bisa apa gue kalo hal itu terjadi. Coba doraemon ada, gue bakal pinjem kantong ajaibnya sebentar buat cari alat untuk menghack komputer sistem online *hloh. Gue kecewa dengan keputusan Menteri Pendidikan yang membuat UN dengan sistem online seperti tahun ini. Bilangnya mendadak banget! Padahal ujiannya bulan Mei. Kalo niat, mbok ya bilangnya setahun yang lalu buat uji coba bukannya mendadak kayak gini. Kasianilah kami para pelajar mantan RSBI yang harus menjadi bahan percobaan.
            Nggak adil ya, masa cuma ex RSBI yang harus pake sistem CBT. Harusnya serempak di Indonesia dong. Ah, mau protes gimana pun keputusan nggak akan diganti. Gue terima deh dengan hati tertulus, hikshiks. Kata guru gue yang penting percaya diri aja. Soal nilai yang nentuin pribadi masing-masing. Belajar dengan rajin adalah kunci utama sukses UN. Juga jangan lupa berdoa sama Allah.

            Please guys pray for us. We want get best score in the test. Ada hal baru, harus gue hadapi! Bukannya dihindari. Bagi teman-teman yang UN menggunakan CBT tetap semangat guys! Yang penting belajar menjadi prioritas utama. Bagi kawan-kawan yang UN menggunakan PBT bersyukurlah, kalian masih bisa menggunakan pensil dengan hati riang gembira. Mau CBT atau PBT yuk tetap semangat menghadapi UN. Enjoy your time for studying J

7 Komentar untuk "UN Online"

  1. UN online? Waduh bisa-bisa aja tuh! Greget gue dengernya. Makin lama makin sulit aja. Tambah aneh juga

    BalasHapus
  2. Mau itu PBT, mau itu CBT tetap semangat yaaa ;)
    Pasti bisa kok!

    BalasHapus
  3. Selvia : Okay, thanks for support me! :)

    BalasHapus
  4. Ga kebayang UN berbasis komputer gimana caranya... Jaman saya UN masih nulis di pelepah pohon :p

    BalasHapus

Silahkan memberikan saran dan masukan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel