Untuk Ibunda Tersayang

                      Apakah semua orang di dunia ini punya ibu? Eh ga usah ditanya gue udah tau kok, maaf habis baca buku jadi pikirannya masih kemana-mana dan nglantur. Gue pun masih diberi kesempatan untuk merasakan kasih sayang seorang ibu. Tapi kalo boleh jujur gue ga pernah nangis sampe sesenggukan di hadapan nyokap gue. Gengsi donk gue yang selalu terlihat strong di hadapan nyokap gue masa harus nangis sih?
            Tapi selama gue lima belas tahun hidup di bumi ini jarang banget minta maaf sama nyokap gue padahal kesalahan gue kalo di itung-itung seabrek banyaknya. Gue nggak mau jadi anak durhaka seperti Malin Kundang yang akhirnya dikutuk menjadi batu. Ampunilah saya Ibuk. Jujur aja selama ini gue ga pernah nangis karena cowok karena hal itu terlihat cemen menurut gue. Tapi entah kenapa air mata gue jadi keluar mengingat begitu banyak kesalahan gue ke nyokap maupun bokap gue. Tapi lebih sering buat kesalahan sama nyokap sih.
            Tadi guru biologi gue entah kenapa mendadak jadi curcol di kelas gue. Kata beliau menjadi seorang ibu tidaklah mudah. Mengandung anak, kemudian menyusuinya, sekaligus menjadi guru yang baik untuk anak-anaknya. Gue aja mumet bayanginnya. Tapi kalo gue diberi umur yang panjang gue juga akan menjadi seorang ibu.
            Tidak mudah menjadi seorang ibu. Gue tau karena gue baca buku biologi. Kelak bagi lo yang akan menjadi calon ibu lo akan mengandung bayi selama sembilan bulan sepuluh hari. Nyokap gue dulu juga gitu dong. Gue pun mikir dulu gue pernah numpang di rahimnya selama itu. Sudah pasti sangat rempong. Gue pengen banget minta maaf atas segala kesalahan gue selama ini. Apakah gue harus kayang sambil goyang dumang sebelum meminta maaf. Aneh juga rasanya kalo gue tiba-tiba dateng ke nyokap sambil nangis guling-guling tanpa sebab dan meminta maaf. Gue bukan tipe anak yang sering ngeluh atau suka menangis di hadapan nyokap.
            Emang aneh sih kisah gue sama nyokap. But this is true story from us. Entah kenapa saat nyokap gue uring-uringan ke gue, gue malah seneng. Gue bersyukur karena masih ada yang mengingatkan gue saat gue salah. Suara fals nyokap bagaikan suara Celine Dion bagi gue, entahlah kalo lo yang denger.
            Kalo gue sedang dinasihati sama ortu di hadapan beliau-beliau muka gue datar-datar aja. Malah nyokap gue setelah pertengkaran selesai berkata “Loh kok muka kamu datar gitu aja sih?” gue pun menjawab. “Terus harus gimana donk Ma?” anehnya nyokap gue malah bilang “Ya nangis gitu kek.”
            Ya ampun nyokap gue malah pengen gue nangis tapi you have to proud for had me Mom! Gue berusaha menjadi wanita tegar yang nggak cengeng. Tapi setelah pertengkaran selesai gue langsung mengurung diri di kamar dan gue nangis sesenggukan. Tisu gue sampe habis jadi gue sampe terpaksa ngelap air mata sama ingus pake gombal.
            Jika suatu hari gue punya keberanian dan nggak gengsi untuk menyampaikannya, gue akan mengirim surat cinta. Surat cinta ini gue bikin dan akan gue kirim buat nyokap gue. Tentunya dengan bumbu kasih sayang yang tulus dari hati terdalam. Atau kalo gue bener-bener kelebihan oksigen gue akan meminta maaf secara live di hadapan nyokap gue. Beginilah surat yang akan gue berikan untuk nyokap tersayang.

Dear Mom
Ma maafin aku ya untuk kesalahanku selama ini. Ah pasti Mama bertanya-tanya "kenapa anakku berubah menjadi ajaib seperti ini?" Aku sadar kasih sayang dan jasamu tak bisa kubalas dengan apa pun. Aku hanya bisa berdoa untuk kebaikan Mama di dunia maupun akhirat. Mungkin kata “terima kasih” tidak bisa mewakili seluruh perasaan bersyukurku. Tapi percayalah aku benar-benar tulus mengatakannya. Engkau selalu membimbingku ke arah yang lebih baik. You’re a light in the dark and shining your love into my life. Thanks for everything.
Your daughter
AZA

            Begitulah gambaran surat cinta gue. Memang benar kalimat “Kasih ibu sepanjang masa” seperti yang dikatakan buku PS : I Love Mom di bawah ini.



8 Komentar untuk "Untuk Ibunda Tersayang"

  1. yappp, guru-guru gue yang cewek juga sering curcol begitu. katanya kita haus benar-benar menghargai perjuangan ibu kita. perjuangan seorang ibu memang luar biasa! :")

    BalasHapus
  2. Saran sih ya. Memang susah dan berat menyatakan cinta pada keluarga. Tapi daripada punya rencana "ngatakan nanti", mending lakukan sekarang. Itu juga pesen temen ke saya. yang malu dan gengsi bilang cinta ke keluarga.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, seneng banget masih punya ibu ya.

    BalasHapus
  4. Luar biasa banget! Tp terkadang kita nggak menyadari itu Jev

    BalasHapus
  5. Makasih ya Haw sarannya! As soon as possible pasti akan gue lakuin

    BalasHapus
  6. Iya dong, lo jg harus sayang sm nyokap lo ya ^^

    BalasHapus
  7. Iya mb, sebisa mungkin ya harus dibahagiain hehe

    BalasHapus

Silahkan memberikan saran dan masukan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel