Sehat itu Mahal


            Sehat itu mahal. Mahal itu sehat. Sebuah ungkapan yang ga asing di telinga. Wajar sih, kan kalau sakit repot juga, keluar biaya juga buat periksa dan beli obat. So, that’s why we can’t called it just a cheap stuff. Sekali-kali ngomongin tentang healthy-life kuy. Teringat sabda Rasul :
            “Sesungguhnya mukmin yang kuat itu lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah.” (HR Muslim, Ahmad, Ibnu Majah, dan An-Nasa’i” so kuy bahas tentang healthy-life
Gue emang anak keguruan but you must know guys, di prodi gue itu prodi soshum rasa IPA :’) huhu, ganyangka gue, lebih banyak ke IPA-nya. Di PLB belajar pediatri, psikologi, tumbuh kembang anak, ortopedagogik yang bener-bener rasa IPA.
            Disini bapak ibu dosen gue sering banget bahas parenting. Gue seneng sih karena masuk PLB gue jadi tau gimana treatmen saat akan menjadi ibu, gimana mengurus anak, hal-hal apa yang harus diperhatikan ketika anak masih dalam usia dini, juga hal-hal yang perlu dihindari saat kehamilan agar anak lahir dengan normal. Pokoknya seru deh! Ga terbayang sebelumnya. Kalau anak PLB serius belajar setiap saat, inshaallah bisa masuk kriteria mantu idaman wkk. Why? Ya itu tadi, kita udah diajarkan pernak-pernik parenting dan asahan ekstra kesabaran dalam mendidik anak berkebutuhan khusus.
love yourself ;) source : lovethispic
            But today, I wouln’t write about parenting. But tips n trik gimana sih kita sebagai mahasiswa, aktivis, juga volunteer tetep memiliki tubuh yang prima? Gue pengen nulis ini buat reminder gue juga. Karena to be honestly, gue masih dalam masa penyembuhan alias baru aja drop karena kecapekan dan kehujanan kali yaa..
            Saat berstatus sebagai mahasiswa, gue memutuskan untuk ikut terlibat aktif dalam berbagai kegiatan entah itu organisasi mau pun volunteering. Karena apa? Karena gue gamau hidup mengalir gitu aja, cuman ngikut arus aja. Teringat perkataan Iman asy-Syafi’i rahimahullah bahwa kalau kita ga disibukkan dengan kebaikan maka so pasti hidup kita disibukkan dengan hal-hal unfaedah. Maka dari itu gue pengen gacuma gabut di kost but at least ikut apa gitu yang bisa menambah faedah.
            Kalau liat jadwal keseharian gue, bisa dibilang lumayan padet. Emang, di kampus gue ikut 2 organisasi, tapi di samping itu gue juga ikut beberapa kegiatan volunteering. Dan, kalau ada semacem kegiatan di kampus maupun diluar kayak seminar, talk show, atau apalah, selama itu positif dan jadi pon tambahan kalau FREE, langsung gaskeun lah hehe. Naah, mungkin karena akhir-akhir ini gue ga memerhatikan pola makan dan istirahat yang cukup jadilah nge-drop.
            Kemarin lusa, setelah bangun tidur, gue merasa pusing, tenggorokan sakit, pilek, dan yeah ga enak badan. Sejenak gue cuma berdiam diri kasur. Mau gerak, rasanya ga enak. Berbaring ke kanan ga pw, berbaring ke kiri ga pw juga. Gue menghela nafas, rada cemas mengingat kondisi gue pagi itu, gatau cicak-cicak yang ada di dinding atau semut yang berbaris juga ikutan cemas ga. Rasanya kayak sungkan mau kuliah karena kondisi gue yang sangat tidak mendukung. Cukup lama gue cuma berbaring di kasur, sesekali mengecek jam karena gue ada kuliah pagi.
            Mengingat hari ini cuma ada satu matkul dan gue udah dipercaya sama temen-temen buat jadi ketua kelompok di suatu penugasan, gue bulatkan tekad buat berangkat. Yaah, lagipula kalau gaberangkat kan sayang karena maksimal absen cuma 2X. Dengan langkah yang gue paksai-in buat semangat berangkatlah gue ke kampus.
            Gue rasanya kayak irit bicara saat itu, karena buat ngomong susah jadi yaa komunikasi pakai bahasa isyarat, anak PLB pasti mudeng wkk.. setelah matkul selesai ada agenda kerja kelompok tapi badan rasanya bener-bener udah gabisa diajak kompromi, apalagi kepala. Ya Rabb, rasanya ada bintang-gemintang yang menyapa gue saat itu, pusingnyaa. Melihat kondisi gue, temen-temen sekelompok menyarankan gue buat ke klinik aja, dan yea akhirnya gue kesana bersama Ili. Gue periksa ke klinik terdekat yang namanya Solo Peduli, karena di medical center rame dan terlalu adem karena AC, sementara gue udah gakuat, kami memutuskan kesana. Selama gue sakit dan periksa biasanya bareng nyonya besar, ini gue sama temen for the first time in forever,  ternyata biaya periksa dan beli obat gabisa dikatakan murah ya mwehehe, bisa buat beli makan beberapa hari.
            Setelah membayar, gue mendapatkan 4 macam obat, butuh perjuangan untuk menelan mereka semua. Gue pulang masi dianter Ili,  fyi she’s really sweet and kindly hearted girl I ever met :’). Sebelum dia balik, si Ili pesen “Za ntar kalau kamu habis tidur siang dan mau makan, WA aku aja yaa..” gue pikir Ili mau ngajak makan, yaudah gue iya-in.
            After had a little long rest, gue WA ili.
            Lii, wanna have a lunch? Kuy
            Ajak gue. Ili pun bertanya apa gue udah kuat buat keluar dan makan diluar. Gue jawab kalau udah mendingan dan kalau tempatnya deket kuy aja lah. Namun siapa sangka, Ili malah dengan senang hati mau nganterin gue makanan :’) padahal jarak kost kita ga deket, Ili di deket gerbang depan gue deket gerbang belakang. Jazakillah khayr yaa shalihah..

from ili! syukron yeaa

            Inilah bukti ukhuwah yang sesungguhnya mwehehe. Saat sakit gue jadi tau who really cares about me. Terutama kerasa banget siapa yang paling peduli buat ngingetin minum obat di samping ibu yang terus-menerus telpon menanyakan kondisi. Ah, siapa lagi kalau bukan shahibul menaraku :’) kalian ter-eeh di pc ga ada emot love.. Yaah, kalian terbaik lah. The most outstanding Muslimah in my eyes, eaa haha. I’m feeling lucky to be surrounding by u gurls.. Dan temen-temen yang udah nanyain dan doain lewat WA, jazakumullah yaa..
            Ehh kok gue malah jadi cerita yaa, kan mau share tips n trik buat jaga kesehatan buat kamu para mahasiswa yang juga aktivis top! Nih langsung aja, gue ambil sumber dari buku yang baru gue baca, berjudul “Awe, Inspiring Me” karya Dewi Nur Aisyah berikut gaes beberapa cara menjaga kesehatan tubuh :
1.      Mencukupi kebutuhan gizi
Hayoo buat temen-temen anak kost, ngirit sih boleh tapi yaa diperhatikan juga lho kesehatanmu. Perhatikan apa aja yang masuk ke mulut, jangan cuma cari murah aja tapi kita gatau apakah makanan itu mengandung gizi ndak, baik butuh tubuh ndak, banyak micin apa ga. Jangan sampai hanya karena berdalih “Gue pengen hemat cuy! Biarin lah gue makan nasi garem sama indomie aja.” No No No. Jangan yaa :) karena setelah sakit gue merasakan betapa mahalnya sehat. Jangan lupa juga, pastikan makanan yang kita makan adalah makanan yang halal dan thoyyib yaa.. So, dari sekarang ubahlah pola makan kalian. Perhatikan gizi yang cukup. Kalau sekitaran UNS mau nyari healthy-food ada tuh di Jalan Surya, yang slogannya anti-micin.
Nah, tips dari gue buat kalian, paling ga kalau bisa diusahain deh setiap hari makan harus ada sayur dan lauk pauk yang mengandung protein. Ga lupa, sebulan 2X atau sekali beli lah sekali-kali salad buah yang menyehatkan. Seminggu sekali atau dua kali, beli jus yang bisa menambah kadar vitamin dan mineral dalam tubuh. Irit boleh, tapi sayang juga yaa sama tubuh.. Manage uang kalian, buat pembagian pengeluaran mau buat apa, gapapa nambah budget dikit buat makanan yang bergizi karena toh ini kepentingan buat tubuh sendiri juga toh.
2.      Jangan lupa sarapan
Hayoloo siapa yang sering skip sarapan di pagi hari? Cung! Eh gue juga termasuk huhu.. selfreminder buat gue juga nih, kalau gaboleh skip sarapan sembarangan karena sarapan bisa memberi kekuatan bagi metabolisme tubuh setelah kita tidur sepanjang malam. Selain itu, sarapan juga bisa menambah nutrisi esensial sama tingkat keseluruhan energi, memberi bahan bakar untuk konsentrasi, mencegah makan berlebih saat siang, serta memperbaiki memori. Nahlo, masih males buat sarapan? (nanya ke diri sendiri)
3.      Perhatikan berat badan yang ideal
Waduh, rada sensitif ga sih kalau bahas berat badan. Eits, tenang.. gue ga bakal mengeluarkan judge statement, hehe. I just wanna say kalau BB yang ideal itu penting. World Health Organization (WHO) udang ngasih patokan kok buat hal ini dalam BMI (Body Mass Index) atau Masa Indeks Tubuh. Caranya coba bagi berat badan sama tinggi badan dalam (m2)  terus cocokkan sama tabel klasifikasi. Coba deh search gugel buat BMI ini.
4.      Olahraga yang teratur
Berolahraga merupakan hal yang sangat diajurkan dalam Islam. Bahkan dalam pandangan ulama fikih, olahraga (dalam bahasa Arab, al-riyadhat) termasuk bidang ijtihad. Secara umum, hukum melakukannya adalah mubah bahkan bisa bernilai ibadah jika diniatkan sebagai ibadah dalam pelaksanannya dan tidak bertentangan dengan syariat. Selfreminder juga nih buat gue yang masi mager buat olahraga, paling ga paksa dirilah buat olahraga seminggu sekali walau idealnya 3-5X seminggu. Gapapa, dikit-dikit dulu hehe..
5.      Memperhatikan kebersihan
Ingat ga suatu hadist yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman? Nah disini siapa yang masih hobi mandi 3 hari sekali? Ada ga? Ga? Alhamdulillah.. nah gitu donk.. kebersihan juga harus kita perhatikan gaes. Dari kerapian kamar, kebersihan sekitar biar terhindar dari kuman nakal yang bisa menyerang imun tubuh.
6.      Istirahat yang cukup
Yaps, idelanya 7-8 jam. Tapi, terkadang sebagai mahasiswa sekaligus aktivis rasanya cukup sulit bisa tidur selama itu. Tapi paling ga usahakan yaa gaes. Reminder buat gue juga nih yang tidurnya belum bisa ideal. Eits, tapi jangan juga yaa kelebihan tidur, hal itu gabaik juga buat kesehatan karena bisa berdampak buruk kayak sakit kepala, nyeri punggung, dan bahkan sulit hamil.
Nah gimana udah tau belum cara-cara menjaga kesehatan tubuh? Tulisan ini gue buat juga untuk menasehati diri sendiri.. Boleh kok jadi mahasiswa dengan IPK bagus ditambah jadi aktivis organisasi, volunteer atau pun seabrek kegiatan lainnya. Keren malah! Tapi yaa itu lho temans, kesehatan adalah investasi yang berharga. Jangan lupa jaga kesehatan dan tetep makan yaa, iyaa gue tau kalian udah besar dan gaperlu diingetin buat makan. But, kegiatan yang seabrek, sibuk jadi aktivis sana-sini, terkadang jadi lupa buat makan, so gada salahnya kan gue ingetin hehe. Semoga Allah ringankan langkah kita..


21 Komentar untuk "Sehat itu Mahal"

  1. Humm iya kak. Saat jauh dri kluarga, saat kita terjatuh, saat itulah kita tau siapa temen yg bner' ada san sungguhan baik dan tulus temanan sama kita.

    Btw, semua tips jaga kesehatan, aku susah bangt buat BB idela huahaha. Gemuk gak ketolongan kwkwkw

    Olh raga jarang banget. Tdr pun gak teratur. Dan, ditambah gak suka makan sayur'an hihi hdup macam apah ini😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuw kok gitu sih..
      hayoo, ayo mulai sekarang mulai biasakan hidup sehat yaak biar, ga ada ruginya kok malah banyak manfaatnya :D

      Hapus
    2. Bisa sh buat mengusahakan olah raga. Tapi aku gak bisa makan sayuran hehe

      Hapus
  2. Beberapa tips yang sering di remehin n_n

    BalasHapus
    Balasan
    1. Remeh-remeh gini mah efeknya dahsyat kalau dilakukan secara kontinu..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Memang benar kata imam Syafi'i, kalo kita tidak ada kegiatan maka akan melakukan hal yang kurang berfaedah.😃

    BalasHapus
  5. Semoga sehat terus ya Zal. Tipsnya cocok buat remaja yang banyak aktifitas, jangan sampai lengah karena saat ini lagi musim penyakit ya. Istirahat yang cukup dan usahakan setiap hari olah raga meskipun yang ringan-ringan :).

    Oh ya masukan saja, itu ada komentar yang masukin link, hapus aja Zal, nyepam dia.

    BalasHapus
  6. Agree, sehat itu mahal...that's way I never skip breakfast...;)

    BalasHapus
  7. Jangan pernah telat makan, apalagi kalo banyak aktivitas hohoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh baper nih ada yang ngingetin ;')
      oksiap inshaallah..

      Hapus
  8. akkk bener bangeet, sehat itu mahal. tp ya mau hidup sehat susah banget. ga pernah olahrga, jarang sarapan, suka begadang. huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah ini effortnya mana hhehe
      yuk mulai sekarang, start now or never

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Yg aku belum bisa cuma rutin olah raga aja, hampir ga ada waktu buat olah raga hiks hiks

    BalasHapus
  11. aktivis gak bole abay ma hak tubuh kata guru saya

    BalasHapus

Silahkan memberikan saran dan masukan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel