Untukmu Aktivis Kampus


quotesblog


            Halo semua! Alhamdulillah yaa bentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Gimana nih perasaan lo menyambut doi. B aja apa udah dari jauh-jauh hari. Gue ada rencana sih pas bulan Ramadhan bisa menjalankan program one day one post, yeaa gue pengen gitu menebar hikmah melalui tulisan di blog dengan tema yang berbeda setiap harinya.
            Gue pengen cerita nih ke kalian tentang well I don’t know exactly what’s going on, tapi gue cuma pengen nulis aja menumpahkan segala hal yang berkecamuk dalam hati. Tsaahh.. sebuah penelitian pernah bilang, kalau kita sedih, seneng, or maybe confuse at all dan kita menulis, hal tersebut membuat perasaan semakin lega dan plooong and let me write.
            Alhamdulillah hari-hari yang sibuk telah terlewati. I mean, disini gue berbicara mengenai organisasi. Pada hari-hari bahkan pekan-pekan sebelumnya banyak amanah yang harus terselesaikan. Saat itu ada dua amanah yang lumayan menyita waktu dan pikiran gue, adalah sebagai sekretaris di event UNS Cultural Night (UCN) dan sebagai koor acara di suatu event SKI.
            To be honestly, gue rada trauma sih jadi sie acara, keinget dulu pas event Hari Difabel Internasional yang menuntut sie acara harus segitu bakohnya segitu strongnya, wkk.. mendekati hari h muka-muka lelah dan frustasi campur aduk jadi satu dan qodarullah gue malah ditunjuk lagi jadi sie acara, jadi korwat lagi.
            Nah di UCN ini gue berinteraksi dengan banyak orang berlatar belakang berbeda. Entah itu dari FISIP, FK, FEB, dan fakultas lain yang ada di UNS. Sering bolak balik ke International Office mengurus surat atau tiket, dan yeah disini gue rasa adalah saat-saat gue keluar dari zona nyaman. Kenapa gue bisa bilang kalau keluar dari zona nyaman? Karena di UCN gue harus beradaptasi gaes, yang notabene gue sering berinteraksi dengan ukhti ukhti yang udah tau batasan agama, tapi disini I feel totally different.
            Persiapan sekitar 1 bulan menuju hari H. Pas hari H pun ga main-main, gue dapet amanah di meja registrasi tamu undangan. Bertemu dengan Dekan beberapa fakultas, orang-orang penting di UNS, bahkan menghadapi mas-mas komda yang jahil ketika itu. Di tengah capek yang melanda, lo harus tetep senyum dan menampilkan seolah-olah “Hey dude, we are a happy volunteer and we have a million spirit!” Hahaha..
            Ada momen yang paling berharga ketika gue jadi sekretaris UCN. Ketika hari h pula gue diamanahi untuk mengabsen mahasiswa asing yang hadir saat itu. Disini gue bisa praktek langsung dan menguji kemampuan bahasa Inggris gue. Well, ketemu langsung sama native speaker gaes!
            Well itulah ke-hectic-an gue selama di UCN beda lagi di SKI. Bikin rundown, mikir gimana film yang akan diputar saat acara, dan tentunya mengkoordinasi temen-temen sedivisi. Pernah ketika itu hari libur, gue di rumah, harusnya santuy menikmati momen bareng keluarga eh HP tut tut ada notif masuk dari kepanitiaan UCN mau pun SKI yang harus mengurangi rasa nyaman dan tentram gue saat itu. Tapi disenyumin aja lah yeaa.
            Tentu gaes, ada hal-hal yang sesuai ekspetasi mau pun ga. Ada hal yang bikin gue bisa tersenyum cerah namun ada pula hal-hal diluar dugaan yang membuat hati gue menjadi mendung bagaikan awan hitam yang siap jatuh menurunkan sendu di muka bumi. Tsaah bahasanya wkk.
            Pernah gue disuatu titik dimana capeek banget, mangkel! Pokoknya ga karuan gitu, dimana ketika gue merasa ada hal yang mengganjel dan mengecewakan karena ada hal-hal diluar kendali yang menyimpang dari kesepakatan forum sebelumnya. Heuu, gue kayak pengen berhenti sejenak gitu.
            Tapi pada saat yang sama gue merasa sedih, apa mungkin kesibukan-kesibukan di atas mengurangi waktu kedekatan gue dengan Allah :’) jadinya yaa gitu, gue capek hati. Ya Allah..
            Pada saat yang sama gue lupa, gue lupa kalau Allah pun masih sayang sama gue. Apa buktinya? Allah masih mengizinkan gue dikelilingi oleh sahabat-sahabat yang penuh pengertian. Sahibul Menara, tempat curcol asyik dan berbagi ambisi masing-masing. Ada juga Riska, Ceunur, menambah manis senang sedih ketika di kampus. Ada juga sekbid gue yang dengan sabar mau membimbing gue, Mba Umi. Ya Allah semoga Engkau limpahkan rahmat-Mu pada mereka semua
            Ketika gue jatuh dan bimbang dalam menentukan pilihan, para sahabat gue di Sahibul Menara siap menguatkan pundak! Dan gue inget ketika kami pernah begadang bareng di kost gue buat essay full English karena mau apply suatu hal. Sekitar pukul 02.00 kami baru terlelap padahal besok ada kelas jam 07.30. Alhasil, mata lengket susah buat melek. Yaa walau pun belum sesuai harapan paling ga we one step further!
            Riska yang bangunin gue ketika hari sebelumnya pulang malem urusan volunteering temen-temen difabel. Keinget itu drama banget Ya Allah wkk. Paginya gue udah bangun buat isi bensin dan jalan-jalan bentar. Eh sampai kamar balik tidur dan gue terlena kalau ada kumpul. Di undangan jam setengah 9, Riska misscall gue.. “Zal kamu dimana” sebuah pesan yang gue bacanya masih mengumpulkan nyawa karena baru aja bangun tidur. Sadar kalau udah siang bangettt gue langsung kilat siap-siap dan cabut gitu aja. Kadang gue mengutuk keras jam ngaret di segala kumpul terkadang pula gue bersyukur dengan adanya jam ngaret, nah ketika gue dateng padahal udah telat banget, eehh acara belum masuk ke materi donk dan baru aja dimulai haha.. dan Ceunur yang sering banget nge-ship gue sama ikhwan kenalan dia. Ntahlah, gue sering gahabis pikir aja gitu dan berkali-kali bilang “Ngga Ceu, terlalu tinggi” but she always make sure if I deserve! Haha..dan kadang pula kami diskusi masalah Islam bersama. Dan Mba Umi yang sering banget WA “Dek....” “Dek...” wkk I’m grateful punya sekbid kayak kamu Mbak hehe. Ga pernah lupa buat ngingetin dan selalu fast respon kalau ditanyain, jazakillah khoir..
            Sampai titik ini gue jadi sadar. Amanah semakin berat namun langkah terkadang masih tersandung bahkan jatuh. Disinilah gue butuh penyempurna separuh agaa..
Eh salah
            Disinilah gue harus menguatkan diri gue! Ya harus! Karena mereka percaya kalau gue bisa mengemban amanah itu. Ingat, ada Allah yang menguatkan :’) Gue bisa kayak gini juga semua karena Allah. So, kurang-kurangin ngeluh deh Zal, udah nggak zamannya! Sekarang zamannya elo harus move faster. Buat visi misi, rencana hidup yang berfaedah! Ngga Cuma berfaedah buat diri sendiri, kalau gitu lo egois Zal tapi cobalah buat plan yang bermanfaat untuk orang lain juga!
            Bismillah, gue harus lebih tabah dan dewasa dalam menyikapi hal-hal yang terjadi. Lelah boleh asalkan lillah agar bernilai berkah :) dan selamat datang amanah-amanah baru yang akan datang. Dengan senyum semangat dan hati yang lapang gue siap menangkap kalian! Gue percaya diri karena innallaha ma’ana.
Dan untuk kalian para aktivis pengemban amanah. Capek? Iya.. Merasa kerja sendirian? Mungkin.. frustasi karena proker yang gaberhasil? Gapapa. Gue kasih tau lo spesial! Iya spesial! Di saat yang lain sibuk galau ga berfaedah, lo masi aja mikirin kebermanfaatan yang ajib. Nah, makanya jangan ngeluh yaa tentang kesibukan yang udah lo ambil. Hamasah yooo, libatkan Allah biar ga capek. Sekian..

6 Komentar untuk "Untukmu Aktivis Kampus"

  1. Mantap jiwaaa... aku juga pernah ngerasain hal yang sama kok. berada di titik capek yang bener bener bener capek. tapi disitu aku dikuatkan oleh orang-orang disekitarku. aku yakin bersama kesulitan pasti ada kemudahan yang Allah berikan.. Keep spirit and hamasah :)

    BalasHapus
  2. Hebaaatt!!!
    Semoga amanah yang semakin berat teratasi, dan ditunggu one day one postnya selama Ramadhan

    BalasHapus
  3. Selalu salut buat para aktivis kampus. Idealisme mereka tidak luntur oleh ketiadaan biaya untuk berbagai kegiatan

    BalasHapus
  4. Jangan capek cape...istrirahat dulu, ngopi...ngapa ngopiii..heee

    BalasHapus
  5. Baca postingan ini gw jadi teringat jaman-jaman gw kuliah, wkwkwk

    BalasHapus

Silahkan memberikan saran dan masukan :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel