Kehadiran MRT, Transportasi Berbasis Teknologi Mutakhir

Rangkaian kereta Mass Rapid Transit (MRT) saat uji coba dari Stasiun Lebak Bulus ke Bundaran HI di Jakarta, Senin (18/2/2019). Kereta MRT atau Ratangga akan dibuka untuk komersil antara tanggal 24 - 31 Maret 2019.
source : kompasiana

            Sebagai negara yang memiliki cita-cita untuk menjadi negara maju, modernisasi dan peningkatan infrastruktur menjadi hal yang terus digencarkan di indonesia. Adanya cita-cita untuk menjadi bangsa yang berdiri di atas kaki sendiri, banyak perubahan-perubahan ke arah yang positif yang sedang dilakukan pemerintah indonesia. Berbicara mengenai infrastruktur, tentu tak akan lepas dari adanya peningkatan teknologi transportasi di indonesia. Pada era revolusi industri 4.0 ini, tentu akan menuntut individu dapat bergerak secara cepat dan efisien, maka transportasi juga menjadi hal yang vital untuk disoroti demi kemajuan bangsa tercinta.
            Selama kepemimpinan presiden ri joko widodo, indonesia tengah mempercepat pembangunan infrastruktur. Banyak proyek-proyek yang memakan biaya yang tidak sedikit untuk mengejar ketertinggalan indonesia. Seperti pada bidang transportasi yang kini sedang hangat diperbincangkan, yaitu dengan adanya mrt atau moda raya terpadu. Kehadiran mrt bagaikan angin segar yang hadir di tengah-tengah keluhan masyarakat mengenai masalah macet dan kenyamanan dalam menggunakan transportasi umum.
            Indonesia melalui pt mrt jakarta bekerja sama dengan perusahaan asal jepang yang bernama nippon sharyo untuk membuat transportasi massal ini. Banyak kemudahan yang dirasa setelah hadirnya fasilitas transportasi terbaru ini. Adanya keamanan yang dirasa karena teknologi mutakhir yang diterapkan dapat meminimalisir kecelakaan akibat kesalahan teknis, keamanan dan kenyamanan pun meningkat seiring terjadinya waktu.
            mrt yang bernama ratangga ini memiliki beberapa kelebihan yang patut diapresiasi, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Stasiun mrt ramah bagi penyandang difabel
Dalam hal ini, stasiun mrt telah menyediakan guiding block dari gerbang stasiun menuju pintu kereta mrt. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan sangat modern. Kesan mewah juga dapat ditemukan di dalamnya. eskalator juga disediakan untuk memudahkan pengguna. Selain itu, adanya toilet yang diperuntukkan kaum difabel menambah kesan inklusi yang ada pada stasiun mrt.
2.      adanya tempat ibadah pada stasiun mrt
pengguna muslim kini tak perlu khawatir lagi ketika hendak melakukan ibadah sholat. Pasalnya, sudah tersedia mushola yang dapat digunakan di stasiun dengan nyaman. Mushola dengan ukuran sekitar 4 x 5 meter persegi tersebut sudah dapat digunakan untuk beribadah.
3.      terdapat ruang khusus ibu menyusui
Kenyamanan lain yang dihadirkan adalah adanya ruang khusus yang disediakan bagi ibu yang sedang menyusui. Kini, ibu menyusui tak perlu khawatir apabila si kecil rewel dan minta air susu ibu karena sudah disediakan tempat khusus untuk menyusui dengan nyaman.
4.      Pintu kaca pembatas peron otomatis
Pintu menuju gerbong kereta mrt terbilang lebih aman dibandingkan dengan kereta rel listrik (krl) karena terdapat pintu pembatas kaca otomatis yang ada diantara peron dengan pintu kereta. Maka, keamanan saat hendak naik kereta akan terjamin.
5.      Fasilitas mrt
satu unit rangkaian mrt terdiri dari 6 kereta. Masing-masing gerbong tersedia 58 kursi, diantaranya dua ujung kereta tersedia kursi prioritas untuk lansia, ibu hamil, ibu dengan anak-anak, dan penyandang disabilitas.
mrt tidak melintasi jalan raya umum namun hanya melintasi jalur bawah tanah dan layang. Bahkan, saat melaju mrt tidak terdengar suara bising mesin, juga tidak harus menunggu antrian kereta.
            Di atas adalah beberapa unggulan dengan muncul transportasi massal bernama mrt. Apresiasi atas kinerja pemerintah memang bagus dengan munculnya mtr. hal ini tak luput dari peran kemenhub dalam menjawab segala keresahan masyarakat dengan jawaban real. Apabila kita ingin mendapatkan informasi seputar kemajuan transportasi dan segala hal yang berhubungan dapat kita kunjungi laman Kemenhub dan Official IG KemenhubSemoga, semakin hari, inovasi makin beragam dan transportasi pun bervariatif yang dapat menyesuaikan kebutuhan bangsa indonesia. Cukup sekian dan terima kasih.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

4 Comments

  1. Belum sempat jajal MRT Jakarta. Baru sempat adek MRT yaitu LRT di Palembang

    ReplyDelete
  2. Udah pengen bgt nyobain MRT Jakarta tp blm sempet bisa mlipir ke ibu kota. Di tempatku mah adanya kereta api biasa. Hhh

    ReplyDelete
  3. sebab itu, (sebagai contoh) antara pembangunan pertama yang dilakukan oleh kerajaan singapura pada akhir 70-an adalah mendirikan MRT

    ReplyDelete
  4. Setiap kali baca review tentang MRT, aku jadi kepengen nyobain sesekali dan bisa mereview juga. Tapi, apalah daya karena tinggal di kota yang jauh dari jangkauan MRT.

    Semoga MRT menjadi solusi yang baik untuk Indonesia dan akhirnya mengembangkan sayapnya ke kota-kota lainnya.

    ReplyDelete

Don't give any spam please :)