Posts

Kearifan Hikmah Kisah Ronggeng dan Seorang Prajurit

Image
“Kau juga jangan khawatir atas semuanya. Sejauh apa pun kau pergi, jika aku adalah tempatmu untuk pulang, dengan skenario-Nya yang terhebat kau akan datang. Sama-sama lebih siap dan kuat untuk menghadapi badai cobaan di depan sana.”
Eaak, paragraf pertama udah pernah gue tulis dimana yak? Yups, bener banget! Di artikel gue sebelumnya yang berjudul “Sebuah Kisah Perpisahan”. Ah, tapi gue nggak ingin membahas suatu memori yang membawa sepotong hati kehilangan daya semangatnya.             Fakta atau opini, perpisahan adalah hal nggak mengenakkan dalam hidup. Ketika sebuah sapaan menjadi hilang, wajah yang selalu diharapkan muncul tiba-tiba raib karena harus pergi, dan sebuah kisah antara dua insan yang saling merindu pun dimulai. Dimulai ketika perpisahan. Dengan harap-harap cemas, terus menunggu hingga waktu yang menjawab apakah orang itu memang buatnya atau bukan.             Hmm, jujur sih gue pengen cerita ke kalian tentang karya sastra tahun 1980-an. Bagi ibuk-ibuk bapak-bapak pengunj…

Sebuah Kisah Perpisahan

Image
Perpisahan adalah upacara menyambut hari-hari yang penuh rindu. Tentu kau setuju denganku bukan bahwa tidak ada yang baik-baik saja mengenai sebuah perpisahan? Mungkin, bibir ini dapat tersenyum ketika kau pergi dari episode kehidupanku. Tapi, apakah hati bisa diajak bekerjasama untuk tersenyum juga? Sayangnya tidak.             Kepergianmu membawa sepotong perasaan haru yang menyusup begitu saja. Lembut, tak bisa dicegah. Entah kenapa, awalnya seperti kosong, hampa, dan tidak tahu harus bagaimana. Tapi bukankah aku sudah berjanji untuk terus bersemangat dan tidak putus asa? Apalagi pesanmu saat itu, bahwa dalam belajar tak ada kata menyerah. Begitu pula hidupku, yang harus dipenuhi dengan kisah-kisah menarik dan tidak gampang menyerah.             Pertanyaanku adalah, apakah esok lusa kau akan menjadi bagian dari kisah hidupku? Apa pun jawabannya, itulah yang terbaik untukku dan untukmu. Kau tahu juga bukan, bahwa Allah adalah pembuat skenario terbaik? Mungkin kau hanya ma…

Pertanyaan Super Absurd Dari Anak Polos

Image
“Mbak, mau nggak nikah sama mas-mas siomay yang jual di depan masjid tadi?”             Gubraak.. Pertanyaan macam apa itu.. adik manis berkerudung merah muda tersenyum polos sambil memandangi gue dengan penuh harap. Gue antara bengong sama speechless dan cuma bisa natap balik dengan tatapan “Dik, kamu nggak lagi salah minum es kan?”             Sore tadi, gue baru aja dapet pencerahan dari mbak Ni’mah di masjid Al Hidayah bab memilih teman masa depan, eaak.. nah tiba-tiba ketika gue keluar dari gerbang masjid ada dua anak kecil perempuan yang menghampiri gue, mereka baru aja selesai TPA. Kalau gasalah namanya Zara atau Billa ya.. karena mereka kembar dan gue gabisa bedain yaudah anggap aja yang namanya Billa ya. Nah, Billa ini dateng sama temennya dengan napas terengah-engah.             “Mba Zalfaa tunggu.” Dia berlari-lari kayak adegan pas Cinta ngejar Rangga di AADC2.             “Ada apa Dik?” gue menghentikan langkah kaki yang hendak pulang.             Lalu terlontarlah pertanyaan …

A Piece of Love for Palestine

Image
Love. I can’t describe as well what’s the meaning of love is. But, I just know when I’m fall in love it feels like make myself to be more productive than usual. A cup of chocolate and a best seller novel often make me in love. Or tender word from someone that you admire. Love makes the world be better place for us.             But, I don’t wanna talk a kind love of person but about humanity that decrease in the universal world. It’s an international issue that Palestine is on war. The war keeps raging on everyday. Zionist killed many people that don’t know what’s they’re mistakes. Womans, childs, olds people they killed without obvious reason. It’s so pathetic. Why we can’t feel the deep sorrow? Are our hearts is full of sin, so our hearts is so hard?             There are people dying if we care enough for the living. It’s a part of clearly wickedness. Can anyone just wanna life peacefully without wars. Please, just heal the world. No fear, no tears, no screams. Can we? Of …

Dakwah Itu Cinta

Image
Assalamu’alaikum sahabat! Cuma mau bilang gue udah kelas 3 SMA, hmm jujur aja sih ada perasaan khawatir sedikit menyusup ke hati. Tapi, jangan sampai rasa ini membuat gue lalai pada-Nya. Mohon doanya ya supaya gue sukses di kelas 3 dan bisa lanjut ke universitas negeri jurusan FKIP.. nah ini gue masih bingung. Dulu sih gue pengen dan yakin banget ke Al Azhar University, Kairo. Tapi, ya realistis aja lah gue kan dari dulu sekolah negeri,  gapernah mondok atau sekolah Islam dan gapernah diajarin bahasa Arab dari sekolah, darimana gue bisa menguasai bahasa Arab dalam waktu singkat.             Jadi, gue sadar dirilah. Yang jadi fokus gue adalah masuk universitas negeri jurusan FKIP. Nah ini juga masih bimbang. Gue inginnya pendidikan agama, atau bahasa Inggris atau pendidikan untuk sekolah luar biasa. Ya Allah, saya bimbang.. Jujur guys, yang penting jadi guru atau dosen deh karena itu cita-cita gue sejak dulu ya walau pun kadang berubah. Kan dengan menjadi guru, kita bisa me…

Pemberitahuan

Assalamu'alaikum, kutulis postingan ini kala malam syahdu bertasbih. Postingan edisi Ramadhan kali ini cukup sampai artikel kemarin ya. Maaf banget, gabisa sesuai jadwal. Ternyata ada aja kendala yang ditemui. Karena sudah mulai 10 malam terakhir, gue sudahi ya post edisi Ramadhan. Ini waktunya berbenah diri, lebih semangat. Semoga kita bisa dapet Lailatul Qodr ya.. Aamiin.

Gue ucapkan terimakasih pada kalian yang setia membaca. Jazakumullah wa jazakunnallah khoir.

Untuk Apa Kau Cemburu

Image
Can I open my mind and reset it to be good enough? Then, do everything that never against with Al Qur’an and As Sunnah. Hehe, bisa gak ya. Oke, gue kembali lagi alhamdulillah. Pada edisi deketin Allah yuk hari ini gue bakal share tulisan yang terinspirasi dari instagram. Semoga yang menginspirasi gue dapet limpahan rahmat dari Allah juga yang ngeshare dan mau baca artikel ini, aamiin. Let’s start it..             Pernahkah kalian merasa cemburu? But what’s the things that make you to be jealous? Apakah karena lihat orang yang lebih cantik atau ganteng? Mungkin juga ada yang lebih kaya? Atau karena HPnya udah iPhone 7 sementara lo masih pake iPhone 6. Mungkin juga karena dia lebih pinter di kelas? Or everything that seems perfect in your sight.. NO. Don’t you be jealous because of that.             Untuk ukhti dan akhi fillah..             Pertama untuk akhwat fillah yang gue cintai..             Ukhti, apakah kau pernah merasa cemburu? Kenapa kau cemburu? Apakah karena hal-hal yang tel…